• +62 285 3830364
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Penyuluhan Akses Reforma Agraria

Penyuluhan Akses Reforma Agraria

Kajen, Kantor Pertanahan Kabupaten Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DINLUTKAN) Kabupaten Pekalongan dan Dinas Koperasi, UMKM dan Naker Kabupaten Pekalongan mengadakan penyuluhan dalam rangka kegiatan penanganan akses reforma agraria Desa Pecakaran pada hari Senin, 12 Juni 2023 pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB di Balai Desa Pecakaran.

Acara penyuluhan dibuka oleh bapak Kepala Desa Pecakaran yaitu Bapak Tarjuki dan penyampaian ucapan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kab. Pekalongan, DINLUTKAN serta Dinas Koperasi, UMKM dan NAKER Kab. Pekalongan atas bantuan dan pelatihannya kepada warganya sehingga warganya mulai pandai dalam berusaha terutama sesuai jaman sekarang dengan online.

Kantor Pertanahan Kabupaten Pekalongan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Bapak Kuswanto, SH, MKn. memberikan sambutan tentang pasca Sertipikat tanah, dan akses yang mendukung sesuai dengan usaha masing-masing penduduk Desa Pecakaran dalam meningkatkan usaha dan kesejahteraan keluarga.

Dengan cuaca hujan deras peserta semangat menghadiri undangan dari Kantor Pertanahan Kabupaten Pekalongan, jumlah peserta 60 orang terdiri dari nelayan, poklahsar, pembudidaya dan warung makan serta warung kelontong.

DINLUTKAN dalam acara tersebut yang diwakili oleh Sdri Septi Kurniasih, S.Pi menyampaikan tentang kegiatan bantuan sertipikat yang telah dilaksanakan oleh DINLUTKAN serta akses setelah program bantuan sertipikat apabila pengguna sertipikat yang telah menyekolahkan sertipikatnya ke BANK untuk meningkatkan modal usaha harap laporan ke DINLUTKAN untuk diteruskan ke DKP Provinsi dan KKP RI, bahwa program bantuan sertipikat telah berhasil untuk meningkatkan modal usaha bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan Kabupaten Pekalongan.

Selain itu pelatihan apa yang diinginkan untuk meningkatkan usaha mereka, bapak Masyur dari pembudidaya menanyakan supaya ada pelatihan budidaya ikan lele supaya berhasil, dan akan ditindaklanjuti untuk pelatihan tersebut oleh Bidang Perikanan Budidaya DINLUTKAN.

Dinas Koperasi, UMKM dan NAKER yang di wakili oleh sdri. Waryonani, SH., menyampaikan tentang pelatihan pengemasan dan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi yang berusaha wajib memiliki NIB pelayan gratis dan NIB salah satu syarat untuk pinjam uang di BANK.  Salah satu dari peserta yang usahanya warung kelontong menanyakan tenting syarat-syarat pembuatan NIB dan NIB ada pajak tidak, syarat membuat NIB adalah KTP, HP Android otomatis sudah ada pulsanya, Serta pengisian formulir , untuk NIB aman bebas pajak kata mba Nanik dari DINKOP, UMKM dan Naker Kab. Pekalongan.

Acara seru dan antusias serta berjalan lancar dan sukses semoga penyuluhan ini dapat bermanfaat, meningkatkan usaha dan meningkatkan perekonomian kelurga.

(Bidang Perikanan Tangkap)


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.