Temu Lapang Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok oleh Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang di Kabupaten Pekalongan

Kajen-Rabu, 2 September 2020 Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang melakukan kegiatan Temu Lapang Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok di Lokasi Penerima bantuan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kajongan Lele Mandiri Desa Kajongan Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok Tahap Pertama kepada 10 Pokdakan penerima bantuan di 4 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Pemalang, Pekalongan, Batang dan Kendal. Acara ini terseleggara atas kerjasama BLUPPB Karawang dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan serta Pemerintah Desa Kajongan.

Kegiatan Temu Lapang Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok ini dihadiri oleh Kepala BLUPPB Ikhsan Kamil, Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas Iman Kadarusman, S.Pi serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Drs. Sirhan, Sekretaris Dinas dan para penyuluh perikanan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BLUPPB Karawang berpesan agar kelompok penerima bantuan dapat memanfaatkan dan mengembangkan bantuan Lele Bioflok sehingga dapat mengurangi beban pembudidaya di masa pandemi covid 19. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pekalongan diharapkan dapat mendampingi kegiatan ini sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Drs. Sirhan selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan mengucapkan terima kasih karena 3 pokdakan di Kabupaten Pekalongan mendapatkan alokasi bantuan lele bioflok sekaligus diberi kehormatan menjadi lokasi temu lapang hari ini. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan melalui Penyuluh Perikanan siap melakukan pembinaan kepada pokdakan penerima bantuan sehingga bantuan ini bisa berkembang dan meningkatkan kesejahteraan para anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Selanjutnya dilakukan kunjungan ke lokasi kegiatan Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok di Desa Kajongan yang sampai dengan saat ini masih dalam proses pembangunan sarana budidaya ikan sistem bioflok yang telah mencapai 80%.

Dalam acara Temu Lapang Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok ini disosialisasikan Program Bantuan Budidaya Lele Sistem Bioflok serta pembekalan teknis budidaya ikan sistem bioflok kepada Kelompok penerima bantuan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik sesuai standar prosedur kesehatan yang telah ditetapkan.

(Penyuluh Perikanan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *