Penebaran Benih Ikan Di Stow Bal Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo

Kajen, 28 Agustus 2020 bertempat di lokasi stow bal Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo kurang lebih 500m arah barat balai desa Bapak Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, M.Si didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Sirhan dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Masyarakat Pesisir Drs. M. A. Gazali, MT dan unsur pemerintahan kecamatan dan desa melakukan penebaran ikan secara simbolis. Kegiatan ini dilakukan atas inisiatif dari para pemuda yang tergabung dalam paguyuban pemuda peduli lingkungan Desa Wonopringgo yang dibawah arahan Kepala Desa Wonopringgo Slamet Haryanto yang merasa prihatin terhadap kondisi lingkungan perairan umum khususnya di stow bal saluran irigasi setempat. Pada kesempatan itu ditebar benih ikan sebanyak 20.000 ekor terdiri atas ikan lele, patin, karper, dan nila.

Dalam sambutannya Bapak Bupati mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh pihak pemerintah desa beserta pemuda. Bapak Bupati menyatakan bahwa Desa Wonopringgo telah mengalami berbagai kemajuan dibawah kepemimpinan Kepala Desa Slamet Haryanto. Terkait dengan upaya kelestarian lingkungan ini, dikatakan bahwa pihak pemerintah kabupaten tidak akan berdiam diri. Misalnya terkait dengan rencana pembenahan saluran irigasi di area penebaran ini yang terlihat mulai nampak adanya pendangkalan dan infrastruktur irigasi yang telah mengalami kerusakan. Sedangkan pada komoditas perikanan itu sendiri diharapkan bahwa setelah ikan yang ditebar ini mencapai ukuran konsumsi, diharapkan dapat meningkatkan angka konsumsi ikan  di Kabupaten Pekalongan umumnya. Seperti diketahui angka konsumsi ikan di Kabupaten Pekalongan adalah 23,29 kg/kapita/tahun, sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah 33,48 kg/kapita/tahun.

Sebelumnya Kepala Desa Wonopringgo melaporkan bahwa kegiatan ini dibiayai melalui anggaran dari Dana Desa. Pihaknya berharap adanya dukungan lebih lanjut terhadap visi pembangunan Desa Wonopringgo yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan. Para pemuda yang tergabung dalam paguyuban ini berjumlah sekitar 100 orang bermaksud ingin berperan dalam pengembangan desa yang produktif, edukatif, dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan sebelumnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Drs. Sirhan, memberi pengarahan agar keberadaan pelaku utama perikanan yang saat ini tergabung di dalam paguyuban, sebaiknya dibuatkan organisasi baik itu pokdakan maupun pokmaswas. Keberadaan kelompok ini akan memudahkan dalam pemerintah melakukan pmbinaan dan lebih efektif dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat pelaku utama /pelaku usaha perikanan. Adapun teknisnya di lapangan nanti biar difasilitasi oleh Penyuluh Perikanan setempat.

Dilain kesempatan tepatnya hari Selasa, 1 September 2020 menindaklanjuti arahan Bapak Bupati dilakukan penebaran lanjutan pada lokasi yang sama benih ikan nila sejumlah 10.000 ekor. Acara ini dihadiri oleh Camat Wonopringgo Tuti Haryati, S.STP, M.Si, Komandan Koramil Wonopringgo dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan. Dalam sambutannya Camat Wonopringgo mengapresiasi inisiatif dan kerja sama yang telah dilakukan segenap unsur Pemerintahan Desa, pemuda, dan masyarakat sehingga kegiatan yang bersifat edukasi ini dapat berlangsung dengan baik. Pihaknya berharap agar kegiatan ini berkelanjutan dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar sambil menjaga fungsi utama dari fasilitas / infrastruktur pengairan tersebut.

(Penyuluh Perikanan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *