Pelaku Usaha di Bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Terima Bantuan Sosial Tunai (BST)

Dalam rangka penyaluran dana bantuan kepada masyarakat terdampak pandemik COVID-19. Pusat  Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (Pusdatin KKP) telah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) terkait penyiapan data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) berdasarkan data KUSUKA. Hasil penyepadanan data Kemensos telah menetapkan 856 orang pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan skala usaha mikro kecil sebagai calon penerima BST tahun  2020 di Kabupaten Pekalongan dengan rincian nelayan 427 orang, pembudidaya ikan 305 orang, pengolah ikan 46 orang dan pemasar ikan 78 orang.

Suasana Tempat Penyaluran BST di Kecamatan Wiradesa


Kemensos mensyaratkan penerima bantuan tidak boleh menerima double salur dengan ketentuan bahwa penerima bukan sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau sembako (BPNT) yang merupakan program jangka panjang Kemensos dan BLT Dana Desa Kementerian Desa Tertinggal.

Suasana Tempat Penyaluran BST Kecamatan Tirto di Kantor Pos Besar Kota Pekalongan


         Suasana Tempat Penyaluran BST Kecamatan Kajen di Gedung Pertemuan Umum Kajen


Penyaluran bantuan dilaksanakan melalui PT Pos Indonesia dengan distribusi melalui Kantor Pos Cabang di wilayah Kabupaten Pekalongan pada tanggal 16 – 18 Juli 2020. Penerima bantuan mendapatkan BST untuk Periode April – Juni 2020 dengan besaran Rp. 600.000,- per bulan dalam sekali bayar.

Penerima BST Kelautan dan Perikanan


Berdasarkan pantauan dari penyuluh perikanan di wilayah kerja masing masing, penyaluran BST secara umum berlangsung aman dan kondusif. Penyaluran BST sempat dipending pelaksanaannya guna verifikasi dilapangan dan koordinasi antar pihak di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Wonokerto, Kajen, Karanganyar dan Petungkriyono. Seharusnya disalurkan tanggal 16 Juli 2020, namun akhirnya disalurkan pada hari Sabtu, tanggal 18 Juli 2020.  Untuk Kecamatan Wonokerto dengan penerima BST paling banyak, disamping verifikasi dan koordinasi sudah dilaksanakan, dalam pelaksanaan penyalurannya pihak Dinas Kelautan dan Perikanan dihadiri Kepala Dinas Drs. Sirhan, Sekretaris Dinas Hadi Ali Mukharop, S.St.Pi, para Kepala Bidang beserta jajaran Staff didampingi Camat Wonokerto dan beberapa Kepala Desa setempat.

Penyuluh Perikanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *