Komisi I DRPD Kabupaten Pekalongan kunjungi UPTD BBIAT Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan

Jumat tanggal 19 Juni 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan menerima Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Pekalongan ke UPTD Balai Budidaya Ikan Air Tawar (BBIAT) yang terletak di Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan didampingi Kabid Perikanan Budidaya beserta Kasi dan Kepala UPTD BBIAT secara resmi menerima kunjungan tersebut. Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pekalongan, Dody Prasetyo menyampaikan bahwa Komisi I mengunjungi OPD dikarenakan membidangi tentang Pemerintahan Umum, ketertiban dan keamanan masyarakat, hukum perundang-undangan dan HAM, Kepegawaian dan aparatur pemerintahan, perencanaan daerah, pengawasan, dan lain-lain.

Pada kesempatan kunjungan kerja ini dibahas tentang materi Regulasi pemberian hibah sarana budidaya ikan air tawar. Selain itu juga untuk mengetahui kesiapan OPD menghadapi tatanan new normal pada masa pandemi covid 19, realokasi anggaran untuk penanganan covid19, dan ketersediaan benih ikan air tawar di lapangan.

Anggota dewan mempertanyakan tentang persyaratan permohonan bantuan sarana budidaya ikan air tawar, teknologi Hybrid Engineering untuk menanggulangi rob di TPI dan mengusulkan diadakannya pelatihan budidaya ikan air tawar. Atas pertanyaan tersebut Kepala Dinas menyampaikan  bahwa untuk mengajukan permohonan bantuan sarana budidaya ikan kelompok masyarakat (kelompok pembudidaya Ikan/Pokdakan) harus berbadan hukum dan mengajukan proposal permohonan bantuan ke Dinas Kelautan dan Perikanan. Mengenai teknologi Hybrid Engineering Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa sudah mengusulkan hal tersebut sebagai alternatif dalam mengatasi kerusakan pesisir dari abrasi. Untuk kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar setiap tahun Dinas Kelautan dan Perikanan sudah menganggarkan dan mengadakan pelatihan bagi pembudidaya ikan. Dinas Kelautan dan Perikanan juga telah melaksanakan kegiatan percontohan Budikdamber (budidaya ikan dalam ember) di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan dan sudah memanen sayur berupa kangkung .

Setelah acara diskusi rombongan komisi I DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan peninjauan  ketersediaan benih ikan pada UPTD BBIAT.  (BBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *