Kurangi Dampak Covid-19 Pokdakan Wonokerto Mina Sejahtera kembali Terima Bantuan Benih Tahap III dari BBPBAP Jepara

Dalam situasi Pandemi Covid-19 Sabtu 09 Mei 2020, Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara kembali menyerahkan bantuan benih kepiting tahap III sejumlah 52.800 ekor kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Wonokerto Mina Sejahtera Desa Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.   Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Drs. Sirhan kepada Ketua Pokdakan Wonokerto Mina Sejahtera Dendi Krisgianto yang selanjutnya dilakukan penebaran ke dalam dua petakan tambak.

Berdasarkan keterangan dari Dendi Krisgianto bahwa selama ini permintaan kepiting konsumsi dipasaran masih sangat tinggi dan ketersediaannya dipasok dari tangkapan alam.  Penangkapan kepiting yang berlangsung secara terus menerus mengakibatkan ketersediaannya semakin berkurang jika tidak dilakukan restocking. Hal ini disebabkan karena rusaknya ekosistem mangrove yang ada di pesisir Kabupaten Pekalongan sebagai akibat dari abrasi dan fenomena rob.  Budidaya Kepiting masih menjadi hal baru bagi kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Pekalongan. Dengan adanya fasilitasi bantuan benih kepiting ini diharapkan dapat menjadi terobosan baru bagi pembudidaya ikan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.  Harga Kepiting Konsumsi di pasaran masih sangat tinggi berkisar antara Rp. 40.000- Rp. 100.000,-  tergantung ukuran kepiting tersebut. 

Dampak sekunder dari Covid-19 ini masih dirasakan oleh anggota Pokdakan Wonokerto Mina Sejahtera karena pemasaran ikan bandeng konsumsi mengalami penurunan baik dari segi harga maupun pasar.  Sampai dengan saat ini Pokdakan Wonokerto Mina Sejahtera total telah menerima bantuan benih sejumlah 332.000 ekor benih bandeng dan 102.800 ekor benih kepiting dari BBPBAP Jepara. Program bantuan benih ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan  di tengah isu pandemi covid 19.  Program bantuan benih ini diterimakan dalam 3 tahap pengiriman karena kemampuan dari hatchery di BBPBAP Jepara yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan kelompok.  Dalam proposal permohonan bantuan benih yang diajukan tersebut kelompok mengajukan bantuan benih sejumlah 358.000 ekor benih bandeng dan 358.000 ekor benih kepiting.

(Penyuluh Perikanan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *