Bupati Pekalongan Serahkan Bantuan Ikan Nila di Telaga Mangunan Petungkriyono

Berlokasi di aula depan Telaga Mangunan Desa Tlogohendro  pada hari Sabtu 21 Maret 2020, Bapak Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH,M.Si menyerahkan bantuan secara simbolis benih dan pakan ikan kepada perwakilan anggota  kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dari Kecamatan Petungkriyono. Dalam acara itu Bupati Asip Kholbihi didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Sirhan dan Kabid Perikanan Budidaya Chaerun S.Pi.MM, dan beberapa kepala OPD antara lain Kepala DKPP Ir. Siswanto,  Kepala Dinporapar Ir. M.Bambang Irianto, M.Si, Kepala Disperindagkop Ir. Hurip Budi Riyantini, serta Camat Petungkriyono Farid Abdul Khakim, S.STP,MM. dan Kepala Desa Tlogohendro Kaslam.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, SH.M.Si tengah memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan benih ikan di Telaga Mangunan Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono (doc.pram)


Dalam sambutannya Bapak Bupati Asip Kholbihi, SH.M.Si berpesan agar bantuan benih ikan ini tidak hanya meningkatkan pendapatan kelompok atau peningkatan produksi perikanan saja, melainkan ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tetangga atau warga sekitar diluar anggota kelompok. Keberadaan kelompok serta hasil produksinya nanti bisa dinikmati dan merupakan salah satu bentuk sedekah kelompok. Pada sisi lain Bupati berharap hasil produksinya kelak dapat dibelikan benih dan pakan lagi, agar kegiatan budidaya bisa berkelanjutan (berkesinambungan) serta menjadi salah satu produk unggulan baru selain produk hasil pertanian.

Penyerahan simbolis bantuan benih dan pakan oleh Bupati Pekalongan kepada Kelompok Karya Abadi dan Mina Rowo Sejahtera didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala OPD serta Camat Petungkriyono dan Kepala Desa Tlogohendro  (doc.pram)


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Sirhan melaporkan kelompok yang mendapatkan bantuan dalam Kegiatan Percontohan Demplot Ikan Nila (Oreochromis niloticus), adalah Pokdakan Mina Rowo Sejahtera Desa Tlogopakis dan Pokdakan Karya Abadi Desa Tlogohendro. Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan berupa sarana percontohan berupa benih ikan nila sejumlah 50.000 ekor dan pakan sebanyak 3.230 kg. Dalam  laporannya Drs. Sirhan meminta kepada kelompok agar dapat memaksimalkan bantuan yang diterima. Kepala Dinas berharap kegiatan ini bisa meningkatkan produksi perikanan dan menambah pendapatan anggota kelompok serta berpartisipasi dalam gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yang merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

(Penyuluh Perikanan – Supramono M.Labib, S.ST.Pi, EkoM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *