Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) 2020

Rabu, 11 Maret 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)  bertempat di Balai Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi.

Peserta Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)   adalah siswa siswi Sekolah Dasar sejumlah 300 anak yang terdiri dari :

  1. Siswa siswi SD Negeri 01 Windurojo sejumlah 142 anak
  2. Siswa siswi SD Negeri 02 Windurojo sejumlah 55 anak
  3. Siswa siswi SD Negeri 03 Windurojo sejumlah 55 anak
  4. Siswa siswi SD Negeri 04 Windurojo sejumlah 48 anak

Hadir  dalam acara Gemarikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Ibu Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan beserta jajarannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Kesesi beserta Ketua TP PKK Kec. Kesesi, Kepala Desa Windurojo beserta Ketua TP PKK Desa Windurojo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten  Pekalongan menyampaikan bahwa tujuan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) adalah :

  1. Mendukung upaya meningkatkan Angka Konsumsi ikan
  2. Meningkatkan kegemaran makan ikan
  3. Mengedukasi anak-anak akan manfaat makan ikan
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya konsumsi ikan

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) meliputi Menyayikan lagu gemarikan, Senam gemarikan, Pemberian makanan menu nasi dengan lauk ikan dan Pemberian Tas Gemarikan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Ibu Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi mengharapkan dengan GEMARIKAN  dapat mendorong kepada masyarakat yang ada di desa-desa, kecamatan untuk menggiatkan makan ikan dan kegiatan penganekaragaman masakan olahan ikan. Sehingga anak-anak yang semula belum mengenal ikan menjadi bertambah pengetahuannya tentang ikan, yang semula kurang menyukai makan ikan menjadi suka makan ikan dan kegiatan ini atas kerjasama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pekalongan, Kecamatan Kesesi, Desa Windurojo sehingga pelaksanaannya sukses.

(Bidang Perikanan Tangkap dan Masyarakat Pesisir – Seksi Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *