Pembentukan KUB baru di Desa Bebel

Kajen-Kelompok usaha Bersama (KUB) nelayan adalah badan usaha non badan hukum ataupun sudah berbadan hukum yang berupa kelompok yang dibentuk oleh nelayan berdasarkan hasil musyawarah seluruh anggota yang dilandasi oleh keinginan bersama untuk berusaha bersama dan dipertanggung jawabkan bersama guna meningkatkan pendapatan anggota.

Bertempat di rumah bpk Andy Irawan Kades Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan pada Senin, 2 Maret 2020  terbentuk satu KUB nelayan baru di desa Bebel setelah sebulan sebelumnya juga  terbentuk KUB yang sama. Acara yang diprakarsai oleh Nelayan Desa Bebel dan difasilitasi oleh kades bebel dengan mengundang Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Pekalongan yang  dihadiri oleh Kepala Bidang Tangkap Drs. M. A. Ghazali, MT dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan  Septi Kurniasih, S.Pi beserta staf dan Penyuluh.

Dalam Sambutanya Kepala Bidang perikanan tangkap Drs. M. A. Ghazali, MT Berpesan agar KUB yang terbentuk bisa bekerja berkelanjutan diharapkan nantinya bisa membentuk koperasi, jangan membentuk KUB karena berharap bantuan dan setelah bantuan didapat kemudian bubar. Sementara itu Kasi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Septi Kurniasih, S.Pi berpesan agar KUB yang baru terbentuk segera dinotariskan dan berbadan hukum serta meminta kepada para anggotanya untuk segera membuat kartu KUSUKA sekaligus ikut asuransi nelayan  Jasindo. Pesan tersebut disambut baik oleh para nelayan terbukti dengan kesanggupan para nelayan untuk membuat KUSUKA dan ikut asuransi nelayan.

(Bidang Perikanan Tangkap – Seksi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *